PAKET BOSS

13 UNSUR HARA YANG DIBUTUHKAN TANAMAN



Sebenarnya bukan 13 tetapi 16. Hanya saja 3 di antaranya diperoleh dari udara, yakni karbon, hidrogen, dan oksigen.
Untuk bisa tumbuh dengan baik, setiap tanaman setidaknya membutuhkan 16 unsur (zat). Tiga di antaranya diperoleh dari udara yakni karbon, hidrogen, dan oksigen. Sedangkan 13 lainnya diperoleh dari dalam tanah. Unsur hara tersebut terbagi ke dalam unsur makro dan mikro. Apa saja ke-13 unsur yang diperlukan tersebut?
Nitrogen
Peranan nitrogen untuk merangsang pertumbuhan secara keseluruhan, terutama batang, cabang, dan daun. Nitrogen juga berperan penting dalam pembentukan hijau daun yang sangat penting dalam proses fotosintesis. Nitrogen juga diperlukan untuk membentuk protein, lemak, serta berbagai persenyawaan organik lainnya.
Fosfor
Unsur ini berguna merangsang pertumbuhan akar, khususnya akar benih dan tanaman muda. Fosfor juga sebagai bahan mentah pembentukan sejumlah protein tertentu, membantu asimilasi dan pernafasan, serta mempercepat pembungaan, pemasakan biji, dan buah.
Kalium
Kalium membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Kalium juga memperkuat agar daun, bunga, dan buah agar tidak mudah gugur. Kalium juga menjadi sumber kekuatan tanaman menghadapi penyakit dan kekeringan.
Kalsium
Kalsium bertugas merangsang pembentukan bulu-bulu akar, mengeraskan batang, dan merangsang pembentukan biji. Kalsium pada batang bersifat menetralkan senyawa tidak menguntungkan yang didapat dari dalam tanah.
Magnesium
Hijau daun yang sempurna, karbohidrat, lemak, dan minyak-minyak dibentuk dengan bantuan magnesium. Magnesium berperan penting sebagai transportasi fosfat. Jadi jika ingin memicu peranan fosfat, Anda bisa memicunya dengan menambah magnesium.
Belerang
Belerang bertugas membentuk bintil-bintil akar. Sebagai unsur penting dalam beberapa jenis protein seperti asam amino, belerang membentuk pertumbuhan anakan. Sulfur juga berperan penting pada tanaman-tanaman penghasil minyak dan sayuran seperti cabai dan kubis.
Klor
Klor berperan memperbaiki dan meninggikan hasil kering tanaman seperti tembakau, kapas, kentang dan sayuran pada umumnya, unsur ini banyak ditemukan dalam air sel semua bagian tanaman.
Besi
Pernafasan dan pembentukan hijau daun sangat dibantu oleh peran besi. Pada tanah yang terlalu banyak mengandung kapur, jika jumlah besi terlalu sedikit bisa dipastikan tanaman-tanaman akan merana.
Mangan
Perannya mirip dengan besi. Selain memperpancar asimilasi, mangan penting untuk pembentukan enzim.
Tembaga
Tembaga mendorong terbentuknya hijau daun dan menjadi bahan utama pembentukan berbagai enzim.
Boron
Boron berfungsi mengangkut karbohidrat ke dalam tubuh dan mengisap unsur kalsium. Boron juga memicu pertumbuhan bagian-bagian tanaman. Pada tanaman berbiji, unsur ini memengaruhi pembagian sel. Peran utamanya lainnya adalah meningkatkan mutu pada sayuran dan buah.
Molibdenum
Molibdenum sangat berperan terutama pada jeruk dan sayuran. Pada tanaman pupuk hijau, molibdenum membantu mengikat nitrogen dari udara bebas.
Seng
Seng memberi dorongan pada pertumbuhan tanaman. Seng berfungsi membentuk hormon tumbuh.
Semua unsur hara tersebut sudah tersedia di dalam tanah yang subur dengan kadar berbeda-beda. Jika tanah tidak terlalu subur sehingga tidak sanggup menyediakan kesemuanya, bantuan pupuk memungkinkan tanah menyuplai kebutuhan tanaman. Namun ingat, tidak semua jenis pupuk baik dan cocok. Penggunaan pupuk kimia secara parsial bahkan secara terus-menerus justru dapat memperburuk kondisi tanah. Demi merawat tanah dan lingkungan, pupuk organik tentu saja menjadi pilihan terbaik.





Kantor Layanan & Pemesanan
hubungi:

Distributor Resmi NASA
N-464184
Moch Rizal Fauzi

Dawunan, Secang, Kab.Magelang, Jawa Tengah

Telepon :
+62857 2692 9962

Mobile :
085 726 929 962 (INDOSAT)

Whatsapp :
085 726 929 962
+6285 726 929 962


Kantor Pusat PT. Natural Nusantara
Jl. Ring Road Barat no 72 Salakan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogjakarta.



Subscribe to receive free email updates: